Look At Me !!!

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
JANGAN ASAL COPY PASTE Temanggung City ... karena BLOG JUGA ADALAH KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal.

Admin

Photobucket
LOGIN

Site Info

Blogger Indonesia :

BLOGGER CAMPAIGN

Supported By :

Community

Sabtu, 26 September 2009

Siapa Pembuat Peta Pertama Kali

Apabila ada orang bertanya letak suatu tempat di kotamu kalian tentu kesulitan menjelaskan dengan kata2. Kalian pasti lebih senang atau mudah jika membuat gambar di kotamu daripada berbicara dengan mulut berbusa2 akibatnya orang yang kamu beri tahu justru menjadi bingung..

Peta pertama kali di dunia berbentuk kepingan tanah liat yang dibakar (seperti keramik)

terdapat di Mesir kira2 4000 tahun yang lalu.Pada waktu itu, para pemilik tanah memberi batas2 tanah mereka dengan bantuan peta. Namun,akhirnya mereka kesulitan jika membuat gambar letak suatu tempat yang jauh. Para ahli astronomi banyak membantu mereka dalam pembuatan peta, sebab dalam pembuatan peta tersebut menyangkut ukuran untuk bumi.

Seorang Yunani bernama ERATHOSTHENES yang lahir tahun 276 SM melukiskan jarak sekeliling bumi yang telah mendekati kebenaran. Metodenya telah memungkinkan orang untuk pertama kali dapat menghitung jarak dari utara ke selatan dengan tepat.

Pada waktu bersamaan, HIPPARCHUS mengemukakan agar peta bumi dibagi sama dengan perantara garis khayal berupa garis lintang dan bujur. Letak garis garis tersebut hendaklah berdasarkan pengetahuan yang telah diberi penyidikan dari benda2 langit.

PTOLOMIS pada abad ke 2 Masehi, behasil membuat bentuk peta yang lebih maju dengan garis2 yang membagi2 jarak dalam garislintang dan bujur. Bukunyatentang pengetahuan ilmu bumi merupakan buku pegangan dimana2 hingga penemuan benua Amerika.

Kumpulan peta diterbitkan pertama kali oleh ANTWERPEN pada tahun 1570. Pelopor pembuat peta adalah GERADUS MERCATOR. Ia membuat peta dan bola kecildunia, semua garis2 pada peta bumi lurus.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Siapa Pembuat Peta Pertama Kali”

Posting Komentar

Campaign

Cuaca

Tinggalkan Jejak Disini

Rating

Top Global Site TopIndoBlog My BlogCatalog BlogRank clickblog.org 88x31 logo blogarama - the blog directory RSSMicro FeedRank Results DigNow.net Personal Top Blogs Personal Blogs blog directory TopOfBlogs Personal blogs Blog directory free back link blog search directory Blog Directory Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory Personal Blogs - Blog Rankings Personal (Humor) - TOP.ORG Bloggerian Top Hits Personal Blogs - Blog Catalog Blog Directory GoLedy.com Top Blogs Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Yuk.Ngeblog.web.id Search Engine Optimization Web Direktori Indonesia

Rankink

ROMA FILE's

 

Banner Sahabat

Inbox

Visitors

free counters
This Website is proudly powered by Deziner Studio.com | Dezigned by IKHWANers